Kewirausahaan Digital Era Revolusi Industri 4.0

Apa dan siapa wirausaha digital itu?

Kewirausahaan digital (digital entrepreneurship) merupakan kewirausahaan yang dipengaruhi oleh media massa atau memanfaatkan  transformasi digital dalam bisnis dan masyarakat. Seorang wirausaha digital perlu menumbuhkan pola pikir kewirausahaan, mengidentifikasi peluang yang baik, mengenal pelanggan, memenuhi ketentuan legal, maupun berupaya untuk meningkatkan modal. Dalam kewirausahaan digital, perubahan mendasar terletak pada upaya untuk aktif dalam aktivitas bisnis dan terkoneksi dengan masyarakat yang telah melek digital.

Mengapa kewirausahaan Digital Penting?

Di era revolusi industri 4.0 atau di era Digital Enterpreneurship ini sangat penting untuk  pemanfaatan teknologi dan informasi yang digunakan untuk mendapatkan daya saing yang kuat bagi seorang wirausaha atau seseorang yang baru terjun kedalam dunia bisnis digital karena perlu  menggunakan teknologi informasi yang handal untuk mengetahui produk atau barang apa saja yang dibutuhkan saat ini oleh sebagian besar masyarakat agar daya saingnya pun tidak berat selain itu pun perlu memperhatikan kualitas barang atau produk yang baik agar produk atau barang yang kita jual dapat diterima oleh masyarakat luas, karena masyarakat tidak hanya melihat atau tertarik dengan barang atau produk murah tetapi juga kualitasnya.

Peluang yang terkait kewirausahaan digital

Perkembangan teknologi digital yang dipengaruhi oleh jaringan internet sehingga semakin berkembang cepat menjadi peluang besar bagi wirausaha atau seseorang yang ingin membuka usaha dengan menjual atau mempromosikan barang tidak dengan tatap muka lagi melainkan dengan teknologi informasi seperti media online atau media sosial yang dapat tersebar luas dan sangat efisien, terutama untuk para generasi muda yang memiliki media sosial dapat dijadikan peluang usaha yang besar karena penggunan sosial media sudah termasuk tetinggi didunia.

Dengan demikian di era revolusi industri 4.0 banyak sekali potensi untuk memberdayakan manusia dengan artian individu atau masyarakat Indonesia karena salah satunya revolusi industri dengan perkembangan digital atau teknologi informasi yang sudah modern ini membuka peluang dan memberi dampak baik dibidang perekonomian dengan berbasis digital menggunakan gudget saja, seperti membuka bisnis kecil kecilan berbasis online shop dengan media sosial sehingga didalam keadaan pandemi seperti ini masih dapat berkarier mengmbangkan bisnis dengan teknologi digital.

Tantangan yang terkait kewirausahaan digital

Selain peluang ada pula beberapa tantangan kewirausahaan era digital yaitu, diantaranya : Pertama, kecepatan informasi dan perubahan kebutuhan dimana perkembangan teknologi dan internet memengaruhi kecepatan informasi yang menyebabkan masyarakat dihadapkan dengan informasi dari berbagai aspek. Sehingga menyebabkan perubahan kebutuhan dan keinginan. Inilah yang menjadi tantangan, wirausaha digital harus bisa menyesuaikan diri dan berinovasi untuk mengikuti tren agar tidak tertinggal juga diimbangi dengan kapasitas bisnis dan strategi jangka panjang.

Tantangan kedua yaitu adanya perubahan yang sangat cepat di industri digital. Teknologi ini diharapkan dapat menghemat waktu, energi, dan biaya namun dapat mencapai hasil yang maksimal. Wirausaha digital harus terus belajar hal baru dan memahami arah perkembangan teknologi. Mulai dari mengubah cara lama dalam bertransaksi hingga pembaruan dalam strategi marketing. Ketiga, Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mengimbangi transformasi digital dan informasi yang begitu pesat.  Sebuah bisnis harus mempersiapkan diri untuk mengupgrade kemampuan SDMnya secara keseluruhan. Dengan begitu, pembaruan teknologmi bisa dioptimalkan dan dikelola oleh sumber daya yang mumpuni.

Skill dan Kompetensi yang harus dimiliki untuk menjadi wirausaha digital

Kompetensi atau skill yang perlu dimiliki ketika kita ingin menjadi seorang wirausaha digital, hal utama adalah bagaimana Sumber Daya Manusia (SDM) bisa mencapai target financial, karena target financial ini berhubungan erat atau terkait dengan wirausaha, yaitu dengan mempertajam skill marketing untuk mengajak atau menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. Strategi pemasaran segmen menengah biasanya memprioritaskan komponen price leadership atau harga. Kemampuan berkomunikasi dalam marketing yang baik akan akan memunculkan kepercayaan, hingga akhirnya loyalitas pelanggan kepada produk kita akan tumbuh dengan standar produk itu, dan akan sangat berpengaruh terhadap pembangunan branding. Seorang wirausaha perlu membangun jaringan untuk memperluas tali silahturahmi, jaringan tali silahturahmi yang dibangun, maka dapat memperkuat bisnis dan dapat bekerja sama sehingga akan saling menguntungkan.

Diera digital sekarang ini, metode marketing semakin dipermudah dengan jaringan yang tanpa batas, pemanfaatan media sosial dan market place yang ada akan sangat membantu  menyebarkan atau mengenalkan produk kepada pelanggan baru terhadap produk yang kita edarkan. Hal tersebut akan mempercepat pembentukan citra dari brand yang kita miliki. Citra yang sudah melekat pada produk akan memunculkan mitra yang akan mendukung kemajuan usaha. Citra dari brand akan kembali lagi pada loyalitas pelanggan yang semakin percaya pada produk yang kita miliki atau yang seorang wirausaha jual. Asal datangnya dari brand kita, produk apapun akan diburu, seberapapun terbatasnya produk dan semahal apapun harganya yang diberikan atau ditawarkan, pelanggan akan senantiasa mengantri untuk mendapatkannya agar menjadi orang pertama yang memilikinya.

Hal selanjutnya yang dijelaskan mengenai financial adalah untuk mencapai mencapai target financial dengan aspek hemat biaya dan asset produktif, bagaimana caranya biaya tetap hemat tapi pelanggan puas dengan produk kita, yaitu dengan membuat produk dengan biaya minimal tapi berkualitas dan sangat fungsional. Karena seperti, yang di sampaikan di channel youtube Prof. Dedi Purwana dan Prof. Jaya sebagai narasumber, memiliki kecerdasan finansial sangatlah penting bagi wirausaha, mengendalikan arus kas sangat baik bagi Solopreneur, freelancer, ataupun bisnis besar. 

Ada satu hal yang tidak kalah penting dari yang dijelaskan Prof. Jaya, yaitu design produk karena perbedaan antara produk bagus dan produk hebat adalah pada design produk itu sendiri. Pasalnya banyak wirausaha menganggap remeh dan melupakan soal design produk karena terburu buru untuk segera memasarkan produk, pada nyatanya design produk ini sangatlah penting pada suatu produk sebelum dipasarkan. Ada pula yang mementingkan hanya sekedar pada tampilannya saja tanpa memperhatikan fungsinya, ini merupakan salah satu faktor penyebab kegagalan besar.

Seorang wirausaha juga perlu memperhatikan empat proses internal antara lain yang pertama yaitu manajemen operasi salahsatunya dalam suatu usaha pasti ada yang namanya resiko atau ancaman  yang datang, karena tidak selalu berjalan sesuai rencana. Manajemen operasi ini diperlukan untuk memperhatikan resiko yang pasti sewaktu waktu muncul dan kita perlu mencari bagaimana cara penanggulangan resiko tersebut. Pengelolaan pelanggan juga perlu kita perhatikan bagaimana pelanggan tersebut dapat terus tertarik dengan produk yang kita tawarkan  sehingga menjadi pelanggan setia yang ketergantungan membeli produksi.harus melakukan inovasi yang bertujuan untuk meningkatkan produksi atau memuaskan pelanggan. Dan dalam membuat produk usaha perlu memperhatikan dan melihat lingkungannya keselamatan dan Kesehatan juga sangat penting untuk diperhatikan

Seorang wirausaha harus memiliki jiwa kompetensi yaitu mengasah kemampuan dan kemauan juga perlu berkomitmen dengan usaha yang dijalaninya serta dibarengi dengan teknologi informasi khususnya di era revolusi industri 4.0 ini perekonomian juga terkena dampak positif yang mengubah perindustrian berkembang pesat menjadi teknologi digital. Seorang entrepreneur sangat penting untuk menguasai teknologi informasi digital marketing karena jika suatu produk sebagus apapun jika strategi marketingnya salah maka tidak ada orang yang melihat produk yang kita pasarkan sehingga tidak ada yang terjual atau tidak ada yang membeli, kesalahan strategi marketing terjadi disebabkan karena tidak memiliki penyusunan strategi yang matang.

Dunia bisnis sekarang lebih memanfaatkan teknologi digital maka dari itu konsep digital marketing perlu meningkatkan kompetensinya lagi dalam pengoperasian teknologi tersebut dan penyusunan strategi sebelum pemasaran. Seorang wirausaha juga perlu mengumpulkan data untuk membuat keputusan jadi data tersebut sangat pentinglah penting yang perlu dimiliki seorang wirausaha, juga perlu  memiliki cara berpikir terstruktur  untuk konsep teknologi dizaman  digital seperti ini dan dunia maya sudah menjadi alat bantu dengan cepat untuk membuat aplikasi program bisnis jika sudah tau konsepnya maka akan mudah untuk mengimplementasikannya selain itu juga perlu pemahaman tentang sistem akuntansi mengenai siklus pembelian dan siklus penjualan yang baik dan benar seperti apa. Selanjutnya untuk meningkatkan kinerja bisnis yaitu pentingnya keterampilan diera digital atau disebut dengan Online Learning ini sangat terampil.

Baca Juga : https://www.duniakampus40.net/

Kewirausahaan digital menjadi tren di kalangan milenial yang ingin mencapai kemandirian finansial. Peluang untuk menjadi wirausaha digital terbuka luas. Agar lebih memahami konsep kewirausahaan digital kalian dapat lihat didalam youtube bapak 'Dedi Purwana Channel'

1. Wirausaha Digital itu keren!#1 - https://www.youtube.com/watch?v=CSuIqBJZcgA

2. Wirausaha Digital itu keren!#2 - https://www.youtube.com/watch?v=nOSKYkkI81A

Komentar

Shiva Silvia Paquita mengatakan…
Artikel yang sangat bermanfaat dan informatif,terima kasih ya
Dini Pitaloka mengatakan…
Terimakasih infonya hilda
safhira mengatakan…
Thanks info nyaa
Unknown mengatakan…
Artikel yg sangat bermanfaat!👍
Anonim mengatakan…
Mantap
Haniyyah mengatakan…
Terimakasih informasinyaa,mntpppp
Haniyyah mengatakan…
Terimakasih informasinyaa,mntpppp
Suryana mengatakan…
Infonya sangat valid
Unknown mengatakan…
Mantapppp
Ishar Fahriati mengatakan…
keren banget, makasih infonya
Seviana nurlaelita mengatakan…
Terimaksih infonya
Afrizalzero_one mengatakan…
Blog yg bermanfaat menambah wawasan utk ku yg baru memulai. Oyaa, Penjualan di Era-digital (online) sangat amat cepat dalam perputaran keuanganya di banding offline.
Anonim mengatakan…
sangat infomatif duh💛
Wisnu Anugrah Rivai mengatakan…
Wow! Sangat informatif dan bermanfaat
Unknown mengatakan…
Wow keren banget sangat informatif mantap lahh pokonya
Anonim mengatakan…
Mantapppp
Siti Marwah mengatakan…
Artikel yang bagus 👍
Lutfi hidayah mengatakan…
Emang paling keren dong hehe siapa dulu hildaa atuh ��❤❤❤
Suwantini mengatakan…
Artikel yang bermanfaat 👍🏻
Muhamad encep Nurbagya mengatakan…
Sangat bermanfaat.terimakasih
Chairunnisa Az-Zahra mengatakan…
Sangat informatif ya, lanjutkan!
Unknown mengatakan…
Artikel yg sangat bermanfaat sekali 👍
Unknown mengatakan…
Sangat informatif artikelnya
Unknown mengatakan…
Smngtt kaka hilda
Unknown mengatakan…
menambah pengetahuan dan wawasan. Terimakasih
Amalia Putri Alamsyah mengatakan…
Artikel yang bermanfaat hilda..
Sunan Rohmat mengatakan…
Artikelnya menarik dan bermanfaat. Terimakasih
Academic@Life mengatakan…
terus posting artikel menarik lainnya.

Postingan populer dari blog ini

RESTO DENGAN KEARIFAN LOKAL BUDAYA SUNDA

Resto & Cafe, Saung Tepi Danau