Digital Marketing

 

Ketika berbicara tentang Digital Marketing maka kita sedang berbicara bagaimana merancang sebuah rencana strategi yang kita lakukan agar usaha yang kita jalani menjadi tumbuh dan berkembang. Selain itu,agar produk kita lebih dikenal luas oleh khalayak umum dan juga supaya mampu berdaya saing dengan persaingan yang ada di lingkungan kita, Terlebih di era pandemi covid – 19 sekarang ini semakin mengakselarasi akan pentingnya digital marketing atau pemasaran digital bagi dunia kewirausahaan karena ketika orang sudah tidak bisa mengakses secara konfensional beberapa media promosi atau media pemasaran yang dilakukan maka media digital merupakan satu – satunya solusi dalam masa pandemi covid - 19 ini sehingga terbuka peluang dan kesempatan bagi para wirausahawan untuk tetap bisa melakukan promosi dan pemasaran melalui pemanfaatan media digital. 

Maka dapat ditarik kesimpulkan Digital Marketing atau Pemasaran Digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek atau produk dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Tipe pemasaran digital mencakup banyak teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaran internet.

Digital Marketing atau Pemasaran Digital sangat penting untuk dipelajari dan dipertimbangkan bagi para entrepreneur khususnya entrepreneur muda, karena kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di era disrupsi ini. Disrupsi itu sendiri adalah sebuah era terjadinya inovasi dan perubahan besar-besaran yang secara fundamental yang mengubah semua sistem, tatanan, dan landscape yang ada ke cara-cara baru. Sehingga menjadi hal yang harus dan wajib dipahami dan dilakukan sebagai bagian dari strategi pemasaran. Banyaknya perubahan yang terjadi mau tidak mau kita harus mampu beradaptasi terhadap perubahan yang ada. seperti Teori Darwin, beliau mengatakan bahwa “ sebenarnya manusia yang berhasil, sukses dan bisa memenangkan sebuah pertepuran itu adalah bukan orang – orang yang paling kuat bukan pula orang - orang yang paling besar tapi ia adalah orang yang paling bisa beradaptasi terhadap perubahan. ” termasuk dengan digital teknologi yang saat ini sedang berkembang pesat.

Peran teknologi informasi dan komunikasi Digital telah mengubah dunia saat ini. Semula beberapa media konfensional di anggap sudah menjadi hal yang efektif untuk mengenalkan atau mempromosikan suatu produk kemudian seiring perkembangan zaman maka internet dan teknologi menguasai dunia, dan juga mengubah pola perilaku konsumen sehingga terjadinya perubahan pada perilaku konsumen pula. Hal seperti ini dapat ditangkap menjadi sebuah peluang oleh pemilik bisnis atau entrepreneur Digital, dimana entrepreneur tersebut harus bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Dapat dibuktikan dengan Data pada tahun 2019 dan 2020, semula populasi di Indonesia sebanyak 268 juta orang kemudian bertambah sebanyak 1,1% yang artinya ada penambahan sekitar 2,9 juta penduduk Indonesia. Dari jumlah penduduk tersebut pada tahun 2019, 150 juta diantaranya sudah melakukan penetrasi terhadap pengguna internet dan penggunaan internet tumbuh sebesar 17% atau 25 juta orang dalam 1 tahun. 

Kemudian keseluruhan pengguna internet sudah mengakses atau aktif menggunakan media sosial yang diakses dengan mobile phone sekitar 130 juta orang atau hampir 80% dari pengguna aktif media sosial dan mengalami pertumbuhan pula sebesar 4,6% atau sekitar 15 juta orang yang artinya smartphone bukan lagi menjadi barang mewah dan setiap smartphone pasti ada media sosial didalamnya. Dapat kita simpulkan bahwa pertumbuhan penggunaan gadget yang akses terhadap internet dan aktivitas melalui media sosial tumbuhnya sangat cepat dibandingkan tumbuhnya jumlah populasi itu sendiri,

Terlihat muncul satu pola baru dalam konsumen bahwa kita harus mempertimbangkan media digital sebagai bagian dari strategi pemasaran, ketika advertising ditempatkan pada media – media digital seperti contohnya pada media sosial karena rata rata diindonesia orang menghabiskan gadgetnya untuk mengakses internet kurang lebih 8 setengah jam perhari yang dimulai ketika membuka mata untuk beraktivitas sampai mengakhiri aktivitas dihari itu.

Orang rata rata membuka sosial media bisa sekitar 3 setengah jam perhari bahkan mungkin lebih panjang dari itu. Kenyataan bahwa saat ini pandemi covid - 19 ini telah mengakselerasi pengguna media digital ketika kita semua dibatasi mobilitas untuk keluar rumah, dan menjalan aktivitas dirumah maka semakin banyak menghabiskan untuk mengakses internet dan media social. Maka ini menjadi peluang yang besar bagi entrepreneur untuk menggunakan media digital sebagai media promosi atau pemasarannya. hal ini menunjukan suatu gejala positif yang harusnya dipandang oleh entrepreneur sebagai peluang. .

Sosial media atau platform yang paling banyak digemari pengguna yaitu youtube, WhatsApp, Facebook ,Instagram ,line ,twitter, dll. Artinya perlu dilakukan reting untuk menjadi suatu wawasan baru atau informasi bagi para pelaku usaha setidaknya para pelaku usaha bisa mempertimbangkan bahwa dia harus memasang sebuah iklan melalui media sosial platform ini karena ternyata media sosial ini yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna sosial media. Hal ini mungkin bisa kita refleksikan kediri kita sendiri sebenarnya di handphone kita ada media sossial apa saja yang sering kita buka, Dengan demikian, dapat menjadi pertimbangan bagi pemasar untuk platform iklan atau aktif bersosial media sebagai media promosi atau pemasarannya.

Ada beberapa fenomena yang menjadi pertimbangan mengapa wirausahawan khususnya wirausaha muda perlu atau memandang penting untuk aktif atau merancang sebuah strategi dalam konteks digital marketing. Diantaranya yaitu : Menjelaskan situasi analisis posisi usaha yang sedang dijalani berada dimana, Objektif atau tujuan yang akan dicapai seperti apa, Strategi  atau cara untuk merealisasikan semua tujuan, Taktik atau serangkaian langkah – langkah  yang kita lakukan untuk mencapai target atau tujuan kita bagaimana, Actions atau tindakan   dan Kontrol terhadap langkah – langkah yang sudah disusun atau strategi yang sudah dibuat tindakan yang sudah dilakukan sudah cukup untuk memenuhi target dan mengarahkan pada tujuan yang kita inginkan.

Digital marketing menjadi salah satu strategi yang paling banyak diterapkan oleh berbagai perusahaan dalam melakukan promosi bagi seorang entrepreneur yang sedang merintis dan mengembangkan bisnisnya di era revolusi industry 4.0. Ditambah lagi dengan fitur penunjang yang mumpuni akan membuat  digital marketing semakin efektif. Digital marketing bermanfaat ketika merintis dan mengembangkan suatu usaha yaitu, diantaranya :

Pertama, untuk memudahkan komunikasi dengan para konsumen, konsumen akan merasa dihargai bila dilayani dengan baik dan cepat oleh suatu perusahaan. Kedua, Mampu melacak perilaku konsumen, yang kebutuhan dan keinginannya berubah – ubah sesuai dengan trending. Ketiga,Memperluas pangsa pasar dengan digital marketing jangkauannya pun sangat luas tidak hanya menjangkau di daerah – daerah sekitar atau dalam negeri saja, bahkan dapat memperluas panhsa pasar di seluruh dunia.

Keempat, menekan biaya marketing konvensional. Digital marketing dinilai tidak mengeluarkan biaya besar namun hasilnya sangat efektif. Kelima, Perusahaan akan dipandang semakin kompetitif dalam menghadapi era digital seperti ini dengan begitu cutra perusahaan pun semakin meningkat, bahkan bisa saja menjadi kunci keberhasilan dalam melakukan kerjasama – kerjasama dengan perusahaan atau mitra bisnis di masa mendatang karena memberikan nilai tambah bagi perusahaan atau bisnis yang sedang meritis atau berkembang.

Dengan demikian, Digital Marketing memiliki banyak manfaat untuk para entrepreneur ketika merintis dan mengembangkan bisnisnya, dengan strategi marketing yang tepat pula entrepreneur bisa mengembangkan bisnis lebih jauh lagi, tentunya dengan memanfaatkan teknologi yang terus berkembang.

Baca Juga : https://www.duniakampus40.net/

Digital Marketing merupakan strategi memperkenalkan produk berupa barang dan jasa kepada konsumen melalui pemanfaatan teknologi digital. Untuk mengenal lebih jauh tentang Digital Marketing kalian dapat menyimak video didalam youtube bapak 'Dedi Purwana Channel'

https://www.youtube.com/watch?v=n9yB-KGt_2k

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kewirausahaan Digital Era Revolusi Industri 4.0

RESTO DENGAN KEARIFAN LOKAL BUDAYA SUNDA

Resto & Cafe, Saung Tepi Danau